Tips Cepat Membangun Jaringan MLM dengan Internet Marketing

Tips Cepat Membangun Jaringan MLM dengan Internet Marketing

Bisnis MLM atau bisnis network marketing tidak ada matinya, malah makin berjaya dan tetap banyak peminatnya. Jika Anda sudah menjalankan bisnis ini, pasti tahu bahwa membangun jaringan tidak semudah yang kita pikirkan. Apalagi buat Anda yang baru saja memutuskan terjun ke jenis bisnis ini.

Tetapi bisnis MLM selalu menawarkan pendapatan melimpah dan bonus yang wah. Jadi, apakah semua itu bohong belaka? Tentu saja tidak. Hanya saja, untuk meraih semua itu diperlukan komitmen besar dan keuletan serta karakter yang pantang menyerah.

Masalahnya adalah, tidak banyak orang punya karakter yang kuat, sehingga hanya semangat di awal dan melempem di tengah jalan. Ini terjadi karena mereka mudah menyerah ketika bebeapa kali mengalami penolakan saat menawarkan produk.

Di sinilah diperlukan kebertahanan dan keuletan serta kreatifitas juga rasa mencintai bisnis yang sedang Anda jalankan. Tanpa cinta pada hal-hal yang Anda lakukan, Anda juga akan kekurangan semangat serta tidak termotivasi untuk terus berjuang.

Tak perlu risau dan memutuskan untuk menyerah jika saat ini Anda stuck dalam bisnis ini. Ada yang namanya internet marketing. Satu cara memasarkan melalui bantuan akses internet untuk mempermudah Anda menawarkan produk tanpa harus kemana-mana, meski penjualan langsung tetap menjadi cara yang efektif.

Mengapa memilih bisnis MLM atau bisnis jejaring?

Adakah dari Anda yang pernah memikirkan mengapa bisnis MLM disebut juga dengan bisnis jejaring. Jawabannya sederhana saja, karena bisnis ini mengandalkan network atau jaringan yang luas untuk memasarkan produk. Semakin luas jaringan Anda, maka semakin besar kesempatan Anda untu mendapatkan banyak bonus.

Bisnis jejaring ini pada dasarnya memang bisnis marketing, jadi member juga berperan sebagai reseller yang menawarkan produk dan merekrut member baru. Dengan mendapat member baru atau berhasil menjual produk, Anda mendapatkan komisi. Semakin banyak member yang Anda dapat, makin banyak pula komisinya.

Ketika Anda berhasil merekrut banyak member, pastikan Anda juga membagikan ilmu Anda kepada para member atau downline Anda. Dengan begitu, mereka pun mampu melakukan hal yang sama, merekrut banyak member yang pada akhirnya bisa memberi Anda komisi yang lebih besar karena aktif dan ulet.

Menjalankan bisnis jejaring seperti menjalankan perusahaan kita sendiri, karena kita yang mengatur jumlah distributor, banyaknya member dan kita pula yang memutuskan jumlah karyawan, dalam bisnis ini disebut member.

Kita pula yang memberikan motivasi juga pelatihan agar masing-masing member yang Anda rekrut membangun jaringannya sendiri dan giat merekrut member-member baru.

Tips Cepat Membangun Jaringan MLM dengan Internet Marketing

(Pic. from Dailysocial)

Mengapa kita menggunakan internet marketing untuk membangun jaringan MLM?

Perkembangan tekonologi di era digital ini berjalan cepat. Orang-orang baik yang menekuni bisnis atau tidak menggunakannya untuk berbagai hal. Nah, mau tidak mau, kita juga harus mampu memanfaatkannya secara optimal untuk mengembangkan bisnis jika tidak ingin tertinggal jauh dari kompetitor.

Perusahaan serta toko-toko besar sekarang mulai menggunakan internet untuk mengembangkan bisnis, karena mereka makin menyadari pentingnya memasarkan dengan mudah produk/layanan. Internet marketing atau pemasaran dengan internet tidak hanya mempercepat proses pemasaran tetapi juga memudahkan (calon) pelanggan.

Bisnis yang hanya mengandalkan cara-cara konvensional dan mengabaikan manfaat internet sudah bisa dipastikan kalah dengan bisnis yang mengoptimalkan fungsi internet.

Jika Anda menjalankan bisnis jejaring, maka menggunakan internet adalah keharusan karena Anda bisa menjangkau member yang tidak hanya berasa dari kota Anda, tetapi juga luar kota bahkan luar negeri. Anda juga akan lebih mudah menjangkau prospek tanpa Anda melakukan perjalanan yang membutuhkan banyak biaya.

Artikel Terkait :  Milagros Air Ajaib yang Menjawab Kebutuhan Kesehatan Anda Diera Digital

Oleh karena itu, Anda yang masih menjalankan bisnis jejaring dengan menggunakan cara konvensional, segeralah beralih ke cara yang kekinian. Manfaatkan internet dan ubah bisnis lokal Anda menjadi bisnis internasional.

Tips Cepat Membangun Jaringan MLM dengan Internet Marketing

(Pic. from buildingengines.com)

Tips Cepat Membangun Jaringan MLM dengan Internet Marketing yang perlu Anda tahu

Jadi, sebenarnya apa saja yang bisa dihasilkan dari internet marketing ini?

Apa saja pula manfaat internet marketing pada jaringan MLM yang kita bangun? Mari kita simak bersama hal-hal yang bisa Anda dapatkan melalui internet marketing.

Memudahkan Anda memprospek atau merekrut member baru

Internet marketing memudahkan Anda untuk memprospek. Anda pun bisa menawarkan produk dengan lebih mudah dan lebih cepat.

Banyak orang yang kesulitan menawarkan produk dan memprospek karena memiliki karakter introvert. Mereka tidak senang bertemu banyak orang apalagi harus berbicara panjang lebar tentang manfaat suatu produk. Internet marketing membantu jenis orang semacam ini untuk merekrut member.

Anda yang introvert pasti bisa merasakan kesulitan tersebut. Jangankan menjelaskan produk, untuk bertemu orang-orang baru rasanya sangat tidak nyaman. Di sinilah internet marketing bisa menutup kelemahan Anda, meski bertemu orang secara langsung tetap diperlukan untuk mempeluas jaringan.

Tidak ada salahnya mencoba keluar dari zona nyaman, karena sukses tidak akan pernah bisa Anda raih kecuali melalui perjuang. Berjuang keluar dari zona nyaman rasanya tidak berlebihan demi sesuatu yang bisa membuat Anda menjadi pribadi yang sukses meraih terobosan finansial.

Media sosial membantu Anda merekrut member 

Zamannya media sosial pun menjadi kebutuhan bagi semua orang. Setiap hari orang membawa smartphone mereka dan setiap saat mengunggah momen apapun yang mereka anggap istimewa ke akun-akun medsos. Nah, tidakkah itu menjadi kesempatan bagi Anda untuk merekrut member?

Jika Anda sudah punya banyak akun medsos populer,waktunya kini mengoptimalkannya menjadi tools yang bisa membantu mengembangkan bisnis Anda. Hampir setiap hari kita tidak lepas dari Instagram, Fanpage dan Twitter, karena 3 media sosial itulah yang saat ini paling efektif menjadi alat marketing selain untuk mengekspresikan diri.

Media sosial menghubungkan kita dengan orang-orang yang kita kenal maupun tidak. Dengan aktif di media sosial, kita akan semakin banyak mendapatkan teman baru yang memiliki hobi dan minat yang sama, atau bahkan,  menjalankan bisnis yang sama.

Jadi, bagaimana sebenarnya cara merekrut member melalui media sosial? Ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yaitu cara aktif dan pasif.

Melalui cara aktif, Anda bisa mulai dari saudara, teman-teman dekat atau sahabat, baru kemudian ke orang-orang baru yang menjadi teman Anda. Mulailah memberi komen atau memberi like pada postingan-postingan mereka untuk membangun interaksi dan komunikasi.

Setelah komunikasi terjalin hingga muncul kepercayaan dari mereka, giring mereka untuk “curhat” masalah yang mereka hadapi. Kemudian, bisakah produk MLM Anda bisa membantu mengatasi masalah yang mereka miliki?

Jika bisa, tawarkan produk Anda dengan menunjukkan manfaat serta keuntungan yang mereka dapat dengan mengonsumsi atau memakai produk Anda. Setelahnya, pastikan Anda terus mem-follow-up. Tetapi pastikan pula Anda tidak terlalu memaksa atau agresif. Siapapun cenderung malas berurusan dengan penawaran produk yang agresif.

Anda pun bisa melakukannya dengan cara pasif, yaitu dengan memposting konten-konten yang berisi manfaat dan keuntungan produk-produk MLM Anda. Pastikan Anda menyiapkan materi konten yang menarik dan informatif sehingga pengunjung akun medsos Anda bisa mendapatkan informasi yang mungkin saja memang sedang mereka butuhkan.

Artikel Terkait :  Produk Kami Berkualitas Untuk Bisnis Jaringan Anda

Misalnya saja, produk MLM yang Anda tawarkan adalah obat pelangsing, maka di feed atau wall Anda, postinglah konten yang  menjelaskan manfaat mengonsumsi obat pelangsing Anda beserta manfaat dan keuntungannya.

Akan lebih bagus jika Anda pun menggunakan produk yang Anda tawarkan sehingga bisa memberi review yang akurat dan  no tipu-tipu. Anda bisa memberi testimoni seperti apa hasilnya setelah menggunakan obat pelangsing tersebut. Berapa lama dan berapa banyak obat yang dihabiskan agar bisa menurunkan berat badan Anda.

Perlu pula Anda deskripsikan, seperti apa rasanya setelah mengonsumsi obat tersebut selama beberapa hari; apakah obat tersebut memberi efek mual dan sakit perut atau tidak; dan habis berapa pil berat badan Anda bisa turun.

Tujuan dari testimoni tersebut, perlu Anda perhatikan, adalah untuk berbagi pengalaman, bukan promosi. Saat Anda memberi testimoni yang meyakinkan, orang-orang yang membacanya dan memang sedang membutuhkan produk tersebut akan memberi komen dan jika tertarik, akan menghubungi Anda.

Email untuk merekrut member

Email tidak hanya berguna untuk memasarkan produk, tetapi juga bisa untuk merekrut member. Ini bisa terjadi jia Anda sudah memiliki website sendiri. Lewat website itulah Anda mengumpulkan email dari para pengunjung. Dengan begitu, Anda bisa kemudian mem-followup email-email tersebut.

Anda bisa menawarkan produk MLM Anda ke alamat-alamat email tersebut. Tidak hanya itu, Anda pun bisa menawarkan peluang bisnis MLM serta keuntungan yang didapat jika menjadi member. Pastikan Anda menggunakan bahasa yang tidak hanya menarik, tetapi juga mudah dipahami.

Membangun jaringan MLM melalui presentasi bisnis MLM dengan internet marketing

Presentasi dan ditolak, itu adalah dua hal yang sudah pasti akan dialami oleh para pelaku bisnis MLM. Namun ditolak bukan alasan untuk kemudian patah semangat dan berhenti di jalan. Tanpa penolakan, Anda tidak akan mampu mengevaluisi diri mengapa terjadi penolakan.

Tidak hanya sekali, bisa jadi akan berkali-kali ditolak. Cobalah evaluasi cara bicara, bahasa tubuh dan kosakata yang Anda gunakan saat presentasi. Ketika Anda memilih bahasa yang ringan dan mudah dipahami serta mengena di hati. Maka orang akan otomatis tertarik.

Presentasi di era digital ini jelas tidak sama dengan presentasi konvensional yang harus bertatap muka dan mungkin harus melakukan perjalanan bermil-mil untuk menemui calon member. Anda bisa melakukannya secara online. Bagaimana caranya?

Dengan jurus content marketing

Apa itu content marketing? Intinya, kita menyediakan konten yang berkualitas kepada kepada orang lain. Seperti apa konten berkualitas, yaitu konten yang informatif sekaligus menarik dan mudah dipahami.

Akun media sosial (medsos) apa saja saat ini yang Anda miliki? Sebaiknya Anda mengaktifkan akun di Instagram, Facebook dan Twitter. Akun Instagram bisa langsung terhubung dengan Fanpage di Facebook, dan Anda bisa langsung mengaktifkannya, jadi tidak perlu 2 kali posting.

Jika Anda memposting konten di Facebook, sebaiknya juga disertai foto dan video, terutama jika Anda menggunakan Fanpage. Content marketing berupa video banyak peminatnya. Apalagi sekarang banyak HP yang sudah dilengkapi dengan perekam video dengan kualitas bagus.

Memiliki website dan blog juga sangat disarankan. Bagi pebisnis, atau siapapun yang menjalankan usaha, memiliki website dan blog adalah keharusan. Selain sebagai media memasarkan, website dan blog bisa menjadi sarana untuk membagi informasi dan membangun jaringan.

Artikel Terkait :  Manfaat Add-on atau Fitur-fitur Tambahan Bagi Website Anda

Jika Anda rutin memposting konten yang menarik dan informatif, maka secara otomatis orang-orang akan menunggu-nunggu postingan Anda selanjutnya. Trust atau kepercayaan pun terbangun dan Anda semakin mudah menawarkan produk ke mereka.

Dengan mengadakan seminar online

Seminar online atau webinar adalah model seminar pada umumnya tetapi dilakukan secara online. Jadi, Anda tidak perlu menemui camon member di rumah-rumah mereka, Anda cukup membuka webinar dan siapa saja dan dimana saja bisa bergabung dengan Anda.

Anda bisa melakukan presentasi atau menjelaskan segala manfaat dari produk Anda dan keuntungannya jika bergabung menjadi member. Tidak semua orang bisa mengikuti webinar Anda, jadi hanya mereka yang mendaftar. Dengan cara ini, Anda mendapatkan email-email dari pendaftar untuk ditindaklanjuti.

Selain itu, Anda akan secara otomatis memfilter orang-orang yang memang tertarik dengan webinar Anda. Dengan demikian, Anda pun lebih mudah siapa saja bisa difollow-up.

Anda bisa menawarkan webinar yang akan diadakan melalui akun-akun media sosial yang Anda miliki. Berikan pula tema dan manfaat serta keuntungan dari mengikuti webinar tersebut.

Untuk menutup webinar, Anda bisa memberi tawaran menarik untuk menarik minat para peserta. Jika mereka tertarik, besar kemungkinan untuk closing saat itu juga.

Intinya, menggunakan internet, Anda jauh lebih mudah menjangkau calon member. Jadi, pastikan Anda menyiapkan konten yang menarik di webinar, karena di sana lah Anda berkesempatan untuk memprospek member potensial.

Untuk memfollowup, Anda juga tingga menggunakan internet. Bisa melalui email atau akun mendsos yang menyediakan fitur chat.

  • Menggunakan Facebook untuk memfollowup. Anda bisa menggunakan tools yang ada di Facebook seperti Facebook Messenger atau Facebook Group.  Pilih yang memudahkan Anda sehingga komunikasi berjalan lancar. Sebaiknya Anda juga memisahkan mereka menjadi dua grup, grup yang baru tertarik dengan produk dan grup yang sudah bersedia berjalan bersama Anda menjalankan bisnis MLM.
  • Memfollowup menggunakan email. Seperti yang sudah dibahas di atas, untuk memfollowup melalui email, tentu Anda sudah harus memiliki database email. Melalui website dan webinar, Anda bisa mampu menjaring email. Anda membutuhkan tools yang merespons secara otomoatis seperti Mailchim, Aweber atau Mailerlite dan Geresponse.

Bangunlah komunikasi yang baik melalui email dengang mengirim konten bermanfaat bagi mereka seminggu sekali, 3 hari sekali atau bahkan setiap hari. Namun pastikan tidak terlalu lama, karena dari email rutin ini Anda bisa membangun hubungan hingga akhirnya terjalin trust. 

Tips Cepat Membangun Jaringan MLM dengan Internet Marketing

(Pic. from Byju’s)

Jadi, efektif kah membangun jaringan MLM dengan internet marketing?

Diera digital, internet marketing sudah menjadi kebutuhan bagi para pebisnis di berbagai level. Meskipun cara konvensional tetap bisa dilakukan, internet marketing membuat proses pemasaran menjadi lebih mudah dan lebih cepat.

Dibantu pula dengan akun-akun media sosial, maka kesempatan untuk memprospek menjadi lebih besar, sekaligus lebih mudah, tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Dengan mengoptimalkan fungsi email, Anda bisa memprospek calon member dengan memberikan konten bermanfaat, bahkan melakukan closing.

Jadi, sebaiknya tidak hanya melakukan cara-cara konvensional, tetapi juga mengoptimalkan langkah-langkah internet marketing untuk menjalankan bisnis MLM Anda. Jika jarak puluhan bahkan ratusan kilometer bisa dijangkau dengan internet, maka Anda tidak perlu keluar biaya hanya demi bertemu calon member.

Bebisnis smart dan mengambil langkah-langkah cerdas untuk menjalankan bisnis MLM serta menjaga komitmen menjadi kunci sukses Anda membangun jaringan MLM dengan internet marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *