network marketing

Tentang Network Marketing yang Perlu Anda Tahu

Network marketing atau lebih dikenal sebagai multi level marketing (MLM) bukanlah hal yang baru. Sistem bisnis network marketing dan pemasarannya ini telah ada sejak sekitar akhir masa PDI dan awal PDII yang dimulai oleh perusahaan-perusahaan Amerika. Salah satu produk yang paling awal dipasarkan menggunakan sistem ini adalah Avon pada tahun 1940-an.

network marketing

(Pic. from English Book)

Pengertian Network Marketing

Sistem network marketing atau pemasaran berjenjang adalah sistem penjualan yang menerapkan upline dan downline. Tidak ada kriteria khusus siapa yang harus menjadi upline dan siapa yang menjadi downline. Hanya perbedaan waktu pendaftaran sebagai member dan siapa yang direkrut oleh siapa.

Upline adalah mereka yang telah merekrut orang lain untuk mengikuti bisnis network marketing tersebut sebagai downline-nya. Dalam setiap transaksi penjualan yang dilakukan oleh downline, maka upline-nya akan memperoleh reward. Fungsi upline di sini adalah sekaligus sebagai mentor bagi downline yang dimilikinya.

Stigma Negatif terhadap Sistem Network Marketing dan Pemasarannya

Orang-orang cenderung menatap sinis pada sistem network marketing dan pemasarannya. Hal ini dikarenakan banyaknya kasus penipuan dengan menggunakan skema piramida. Tak sedikit pula yang merintis bisnis network marketing dengan memberikan batas minimal uang pendaftaran yang tinggi.

Disamping itu, struktur sistem yang dianut memberikan bonus kepada upline atas hasil penjualan downline, sehingga semakin banyak yang memberikan tanggapan negatif. Banyak yang mengatakan bahwa menjadi downline ibarat menjadi seorang budak yang memberikan pemasukan bagi upline yang hanya perlu duduk manis. Padahal tidak demikian seharusnya.

Sistem ini dibuat untuk memudahkan, baik upline maupun downline. Di mana downline akan lebih mudah belajar mengenai produk secara one mentor on one mentee dengan upline-nya. Dan bonus yang diterima oleh upline adalah bentuk reward yang diterima karena telah menjadi mentor. Network marketing harusnya berfokus pada pemasaran produk.  

network marketing

(Pic. from Dailysocial)

Sistem Pemasaran Digital dalam Network Marketing

Setiap mendengar tentang network marketing, hal pertama yang terlintas pasti adalah salesperson yang berpromosi secara door to door. Padahal perkembangan teknologi internet bisa dimanfaatkan oleh bisnis network marketing dan pemasarannya. Berikut adalah sistem pemasaran digital yang bisa dilakukan dalam network marketing:

  1. Gunakan Website
Artikel Terkait :  Software MLM Sahabat para Pelaku Bisnis Network Marketing

Semua bisnis sekarang ini telah memanfaatkan fasilitas website. Oleh karena itu bukan hal yang lumrah untuk tidak memilikinya. Dengan kemudahan era informasi digital sekarang, website merupakan rujukan yang dapat diandalkan. Calon konsumen dapat dipastikan akan mencari tahu mengenai produk dan sistem bisnis pada website.

  1. Manfaatkan Sosial Media

Budaya masyarakat dewasa ini telah bergeser pada penggunaan media sosial dan media digital lain. Sehingga penting kiranya memiliki akun media sosial khusus untuk produk dari bisnis network marketing dapat dilakukan melalui akun-akun tersebut. Sosial media juga sudah mulai memberikan layanan iklan berbayar yang dapat digunakan oleh pelaku bisnis manapun.

  1. Buatlah Referral Program

Salah satu cara promosi lama, namun tak akan pernah tua adalah rekomendasi dari orang lain. Orang cenderung akan mempomosikan produk yang dirasanya bermanfaat kepada orang-orang terdekatnya. Manfaatkanlah sifat dasar ini dengan membuat program referral. Di mana orang yang ‘berpromosi’ tersebut akan memperoleh reward dari setiap transaksi yang terjadi berkat jasa promosinya meskipun bukan member dari bisnis tersebut.

  1. Tulis Artikel untuk Blog

Pada network marketing dan pemasarannya cara yang satu ini, langkah pertama adalah membuat blog pada website. Kedua, rajinlah membuat tulisan-tulisan artikel yang masih berhubungan dengan produk yang ditawarkan. Dengan demikian, orang-orang akan banyak datang dan berkunjung ke website melalui blog. Ada dua jenis artikel yang dapat ditulis, yaitu artikel natural (yang sama sekali tidak mengandung unsur promosi) dan artikel penawaran (artikel yang mengandung promosi).

  1. Gunakan Influencer sebagai Spokesperson

Tak perlu dipertanyakan lagi mengenai manfaat menggunakan influencer untuk mempromosikan suatu produk. Demikian halnya dengan pemasaran produk dari bisnis network marketing menggunakan jasa spokesperson. Budaya masyarakat telah bergeser pada komunikasi lewat sosial media dan media online lain. Sehingga promosi dengan menggunakan jasa influencer adalah tepat sasaran.

Artikel Terkait :  Tak Melulu Uang, Ini Dia 3 Hal yang Pasti Membuat Karyawan Semangat Bekerja!

Untuk dapat lebih mengoptimalkan bisnis network marketing dan pemasarannya secara digital, kami siap membantu segala yang dibutuhkan. Agar lebih jelas mengenai jasa yang kami tawarkan, hubungi langsung untuk konsultasi. Tersedia berbagai pilihan paket produk yang sesuai untuk beragam jenis bisnis network marketing.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *