Super Canggih! Ini Dia 7 Teknologi yang Digunakan Pada Asian Games 2018

Tersiar ke seantero dunia pembukaan Asian Games 2018 memang mengundang decak kagum. Berbagai atraksi yang memesona dan perpaduan seni budaya, kembang api serta teknologi yang sophisticated menjadi bahan perbincangan. Di balik suksesnya pembukaan acara akbar tersebut terdapat peran 7 teknologi canggih yang perlu Anda tahu. Pemerintah memang mempersiapkan segala sesuatunya dengan detail demi kelancaran acara dan kenyaman semua pihak yang terlibat. Apa saja sih 7 teknologi super canggih tersebut? Ini dia:

1. Bus tanpa sopir

Sekali perjalanan, bus ini mampu mengangkut sampai 15 orang dan digerakkan oleh sensor Lidar. odometri, kamera, GPS RTK dan IMU. Jadi, bus ini mampu berjalan tanpa sopir. Kendaraan yang dikirim dari Paris ini telah membuktikan kekuatan 5G dari Telkomsel. Bus bernama Navya inilah yang turut membantu kenyaman semua pihak yang terlibat dalam Asian Games 2018.

(Pic. taken from Technocracy News)

2. Internet 5G

Seperti yang telah disebut sebelumnya, Telkomsel menyediakan jaringan 5G yang menjadi salah satu teknologi canggih di momen kompetisi besar Asian Games tahun ini. Teknologi 5G ini khusus dipersiapkan oleh Telkomsel untuk acara ini. Selain berfungsi untuk menyiarkan secara langsung Asean Games 2018, teknologi 5G ini juga untuk siaran langsung football 2020 nanti, cycling everywhere serta future driving. 

3. CCTV dengan kualitas 7K

Untuk medeteksi berbagai macam kejahatan, misalnya, terorisme yang bisa saja terjadi selama Asian Games berlangsung, CCTV dengan kualitas 7K plus fitur face recognition pun disediakan.CCTV canggih ini dipasang hampir di setiap sudut Jakarta dan palembang serta seluruh venue tempat pertandingan Asian Games berlangsung.

4. Hawk-eye camera

Kamera hawk-eye atau mata elang ini digunakan dalam pertandingan bulutangkis pada Asian Games 2018 ini. Terdapat kurang lebih sekitar 45 set kamera ini untuk membantu hakim dan wasit pertandingan untuk memutuskan serta melihat garis lintasan pada pertandingan bulutangkis dari banyak sudut.

Artikel Terkait :  Bamsoet: Pers Harus Berinovasi agar Tak Tertinggal oleh Medsos

5. AGIS (Asian Games Information System)

Para profesional di bidang IT bahkan Google pun turut menyiapkan aplikasi dengan bermacam fitur khusus yang mereka miliki demi mendukung Asian Games 2018 ini. Salah satu aplikasi tersebut menyediakan real time score update dari setiap cabang olah raga yang diperlombakan.

(Pic. taken from Wartakota – Tribunnews.com)

6. Poyektor plus LED Lamp super

Pada 18 Agustus 2018 lalu, jika Anda melihat pembukan Asian Games, Anda pasti dibuat tercengang karena terpesona oleh tata cahayanya yang begitu indah. Pada Opening Ceremony Asian Games 2018, proyektor plus LED lamps super memang digunakan untuk mendukung pencahayaan. Hasilnya terbukti mampu membuat banyak mata terpaku oleh keindahannya.

7. Tekonologi pengamanan BSSN (Badan Siber  dan Sandi Negara)

Teknologi pengamaman ini siap siaga 24 jam sehari untuk mengantisipasi para hacker atau peretas maupun gangguan keamanan pada siber juga digital. Dengan teknologi yang disiapkan oleh BSSN ini, maka anacaman keamanan selama Asian Games 2018 berlangsung bisa diantisipasi.

 

Blog Esoftdream
Esoftdream
Telp : (0274) 452155
No Tlp/Hp : +62 81226272827
Email : cro2@esoftdream.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *