Mengapa Generasi Milenial Hobi Belanja Via Smartphone?

Semua dibuat nyaman, mudah dan cepat oleh zaman yang serba digital ini. Hampir semua orang kini menggunakan smartphone untuk berbagai kebutuhan dan kesenangan. Tidak hanya pebisnis, pelajar, mahasiswa bahkan anak-anak juga menggunakan benda yang nyaman digenggam dan mudah dioperasikan ini. Selain memudahkan bisnis, smartphone pun memberi kesenangan dengan berbagi aplikasi gratis yang bisa didonlot sesuai keinginan. Games, E-book, bermacam jenis photo editor dan masih banyak aplikasi lain membuat penggunanya semakin dimanjakan sehingga sulit lepas dari smartphone. Dari sekian banyak hal yang membuat generasi milenial begitu ketagihan smartphone, ternyata belanja adalah salah satunya. Apa saja sih alasannya generasi milenial hobi belanja via smartphone?

Bergesernya budaya offline menjadi online

Budaya begitu besar dampaknya pada siapapun yang ada di dalamnya. Indonesia kini mengalami pergeseran budaya ini. Sebelumnya apapun kita lakukan offline, sekarang hampir apa saja bisa dilakukan online. Sebut saja contohnya, seminar, kursus, belajar, jual-beli, meeting, dan seterusnya. Kemudahan, kenyamanan dan kecepatan yang disediakan oleh apapun yang online membuat banyak orang memilihnya. Jika sambil membersihkan rumah bisa sambil belanja sayur, ya kenapa tidak? Kalau sambil memimpin rapat bisa mengirim kado untuk kekasih, kenapa tidak? Iya kan? Semua mudah dan cepat dengan online via smartphone.

Maraknya akun-akun media social sebagai alat jual-beli

Selain fakta bahwa jumlah persentase generasi milenial (mereka yang lahir pada tahun 1980-1997) atau sering disebut generasi Y paling banyak dibanding generasi X (lahir sebelum tahun 1980), Z dan lainnya, banyaknya akun media social membuat persentase belanja pun tinggi. Melaui akun-akun media social, banyak orang menjadi tahu produk apa saja yang sedang banyak digilai, produk baru apa saja yang baru saja dipasarkan dan produk apa saja yang sedang diskon besar-besaran. Lalu yang juga mengejutkan, ternyata tidak hanya kaum hawa yang senang belanja. Kaum adam pun tak kalah antusias.

Harga smartphone yang bersaing

Ini menjadi salah satu factor yang juga memengaruhi tingginya tingkat belanja generasi milenial. Produsen smartphone berlomba-lomba mengeluarkan produk terbaru dengan harga menarik. Smartphone seharga 1,5 jutaan bahkan 900 ribuan sudah memiliki spesifikasi yang cukup untuk bersenang-senang dan digunakan sesuai kebutuhan. Anda salah satu penyuka online shopping via smartphone? Bagaimana pengalaman Anda rasakan? Adsakah tips-tips belanja online aman atau tips lain yang ingin Anda bagikan? Silakan berbagi pengalaman Anda di kolom komen.

 

blog.esoftdream.net

Esoftdream

Telp : (0274) 452155
No Tlp/Hp : +62 81226272827
Email : cro2@esoftdream.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *