Hindari 10 Hal Ini Jika Anda Menekuni Bisnis Network Marketing (1)

Bisnis Multi Level Marketing atau yang sekarang lebih tren dengan bisnis network marketing adalah jenis bisnis yang ternyata masih punya peluang besar dan banyak peminatnya. Mengapa? Hal disebabkan bisnis ini tidak membutuhkan modal terlalu besar dan bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang latar belakang, pendidikan atau kehalian. Jenis bisnis ini juga disarankan oleh Robert T Kiyosaki, Franklin Covey, Donald Trump, Paul Zane Pilzer, serta Bill Gates. Hal-hal yang dibutuhkan untuk menekuni bisnis network marketing adalah ketekunan, tekat kuat dan semangat tak pantang menyerah. Apakah Anda sedang menekuni bisnis network marketing? Hindari 10 hal ini. Dalam artikel ini, kita akan membahas 5 terlebih dahulu. Pastikan Anda selalu mengikuti update terbaru blog kami, Blog Esoftdream untuk informasi, tips dan saran seputar bisnis dan gaya hidup. Mari kita simak bersama 5 dari 10 hal yang harus Anda hindari dalam bisnis network marketing.

(Pic. from Marketing Donut)

1. Hanya sedikit mempelajari marketing plan

Pertama, ini dia yang harus Anda hindari, kurang mendalam memahani marketing plan. Jangan hanya karena terpesona oleh bonus dan pendapatan yang besar, Anda lantas tidak terlalu menghiraukan marketing plan dari perusahaan mitra. Sebaiknya Anda mempelajari dan memahami betul marketing plan suatu perusahaan yang menjalankan bisnis network marketing. Selain untuk memudahkan Anda untuk melangkah, ini akan menghindarkan Anda dari money game yang sering berkedong bisnis MLM.

2. Serampangan mempelajari produk yang Anda tawarkan

Bagaimana kita bisa meyakinkan ketika menawarkan suatu produk jika kita tidak terlalu paham dengan produk tersebut? Sebaiknya Anda mempelajari betul produk yang Anda tawarkan. Dengan cara ini, Anda bisa lebih baik memilih kata-kata dan cara menawarkan yang lebih menarik serta kreatif karena tahu siapa saja yang menjadi target pasar Anda.

Sebagai salah satu cara memasarkan produk, network marketing tidak lah menjual mimpi. Bisnis ini menawarkan manfaat suatu produk serta nilai plus yang didapat oleh pengguna produk, member, reseller dan agent. Jangan sampai Anda menghabiskan banyak uang untuk menimbun produk, padahal itu merupakan tanggung jawab perusahaan. Itulah sebabya memahami detail dari produk yang Anda tawarkan itu sangat penting, agar Anda tahu langkah-langkah apa saja yang perlu Anda ambil.

(Pic. from Praus News Network)

3. Tanpa meneliti langsung bergabung dengan perusahaan network marketing

Setelah tahun ke-5 atau tahun ke-10, banyak perusahaan network marketing atau MLM gulung tikar karena terlalu besar memberi bonus kepada para leaders-nya supaya mereka mau bergabung. Jika Anda hendak bergabung dengan suatu perusahaan yang baru berdiri kurang dari 5 tahun, pastikan Anda melakukan penelitian terlebih dahulu. Sebagai leader, Anda mungkin akan menghabiskan sebagian besar waktu dan tenaga Anda untuk bisnis tersebut. Jika perusahaan tiba-tiba tutup, tentu Anda akan merasakan kerugian dan kekecewaaan yang besar. Teliti pula seperti apa komitmen perusahaan kepada para distributornya. Pastikan produk yang ditawarkan pun mampu bersaing dan mengikuti perkembangan zaman.

4. Menganggap jaringan akan berkembang dengan sendirinya

Untuk mengembangkan jaringan, diperlukan training dan bimbingan yang berkelanjutan. Perlu pula adanya pengembangan leadership, kepribadian serta kemampuan teknis dan kemampuan menjual/menawarkan produk. Jaringan dibangun melalui pembinaan berkelanjutan sejak bergabung sampai peringkat yang tinggi sekalipun. Jaringan yang bisa berkembang sendjri tanpa adanya pelatihan dan semacamnya bisa layak Anda curigai sebagai money game. 

(Pic. from Entrepreneur)

5. Malas presentasi dan tidak senang mengikuti training

Presentasi dan training/pelatihan adalah dua hal yang harus sering dilakukan oleh para pelaku bisnis network marketing. Malas melakukannya berarti Anda memutus mata rantai keberhasilan Anda sendiri. Melalui presentasilah Anda memiliki kesempatan untuk memperkenalkan produk yang Anda tawarkan dan training menjadi dalah satu senjata yang memperlengapi. Pelatihan-pelatihan kepribadian, berbicara di depan publik atau leadership sangatlah bermanfaat untuk menawarkan produk Anda dan mengajak orang lain menjadi member. Tanpa pelatihan yang berkesinambungan, Anda juga tidak akan mendapatkan motivasi tambahan yang bisa menunjang keberhasilan.

 

Blog Esoftdream
Esoftdream
Telp : (0274) 452155
No Tlp/Hp : +62 81226272827
Email : cro2@esoftdream.net

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *