Dalam Waktu Dekat ini Finansial Teknologi Akan Merevolusi Indonesia

Esoftdream- Pada tanggal 16 Januari, kepala eksekutif di seluruh dunia menerima peringatan keras dari Larry Fink, pendiri dan kepala eksekutif BlackRock, firma manajemen aset terbesar di dunia dengan lebih dari $ 6 triliun yang dikelola. Dalam surat dari Fink, ia bersikeras bahwa bisnis harus melayani tujuan sosial di luar memberikan kinerja keuangan untuk terus menerima dukungan BlackRock.

Permintaan seperti itu dari investor global belum pernah terjadi sebelumnya, dan sebagai seorang kapitalis ventura yang berfokus pada financial teknologi ( fintech), panggilan ini untuk mendorong perubahan positif bahkan lebih penting di Indonesia dimana hanya 36% dari populasi memiliki rekening bank dan 80% atau lebih 60 juta UKM tidak bisa ditagih.

Bahkan, fintech telah membuka jalan untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Indonesia, dan berikut ini tiga contoh terbaru:

Membantu UKM dan individu mengakses kredit dan membangun sejarah kredit

Perusahaan peminjam Fintech telah memberikan dampak besar dalam membangun kelayakan kredit bagi UKM dan individu dengan akses terbatas ke keuangan, membantu mengisi kesenjangan keuangan senilai $ 70 miliar. Modalku, yakni perusahaan pinjaman antar-rekan terkemuka di Indonesia, telah menyalurkan lebih dari $ 75 juta pinjaman kepada lebih dari 1.200 UKM, sementara UangTeman, sebuah perusahaan microlending online, telah membantu lebih dari 40.500 debitur dengan lebih dari $ 15 juta kredit mikro. Dengan membantu UKM dan individu ini mendapatkan kredit, seiring waktu Modalku dan UangTeman membantu mereka membangun sejarah kredit mereka.

 Digitalisasi UKM untuk mencapai penghidupan yang lebih baik

Sepulsa adalah platform pembayaran distribusi pionir di Indonesia, bermitra dengan perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia seperti Telkomsel, XL dan Indosat Ooredoo untuk mendigitalkan distributor saluran tradisional mereka, yang mewakili lebih dari 60% volume transaksi secara keseluruhan. Distributor saluran tradisional ini biasanya mom dan pop shop tipe UKM yang terbiasa beroperasi secara manual. Sepulsa menyediakan aplikasi smartphone kepada lebih dari 10.000 UKM untuk mengoperasikan bisnis mereka secara lebih efisien menggunakan teknologi, dan juga untuk meningkatkan pendapatan mereka dengan menjual produk tambahan dari platform Sepulsa.

Membantu pemerintah Indonesia dengan penagihan pajak

OnlinePajak, perusahaan aplikasi pajak terkemuka di Indonesia, telah memberikan dampak yang signifikan kepada pemerintah Indonesia dengan memfasilitasi pembayaran pajak lebih dari $ 3 miliar dengan 500.000 pembayar pajak perusahaan yang terdaftar termasuk perusahaan-perusahaan besar seperti Garuda Indonesia, Telkomsel dan Astra International. Platform OnlinePajak menyediakan solusi one stop shop, memungkinkan penggunanya untuk mendigitalkan tugas-tugas seperti menghitung pajak penghasilan, mengintegrasikan data dari berbagai platform, dan membayar pajak secara online menggunakan gateway pembayaran pajakPay.

Sumber: forbesindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *