Buzzer, Influenzer dan Endorser. Apa Sih Peran Mereka dalam Bisnis?

Perkembangan teknologi, semakin banyaknya smartphone dengan harga terjangkau dan jaringan internet yang mudah didapat mendorong munculnya peluang-peluang bisnis dan pekerjaan baru. Anda yang aktif di media sosial pasti tidak asing dengan istilan buzzer, influenzer dan endorser. Tetapi mungkin ada beberapa dari Anda yang begitu paham apa sebenarnya peran dari ketiganya di dalam bisnis. Ada yang mengatakan ketiganya sebenarnya sama saja. Mari kita simak bersama peran dari masing-masing istilah tersebut.

Buzzer

(Pic. from Wijatnika Ika)

Seorang buzzer biasanya memiliki banyak follower. Seperti namanya, buzzer, berasal dari kata buzz atau mendengung. Maka ia hanya bertugas menyampaikan informasi secara berulang-ulang, mendengung-dengungkannya ke sebanyak mungkin orang. Informasi tersebut bisa berupa produk atau jasa. Misalnya informasi soal tempat wisata, makanan dan pakaian, atau bisa juga isu politik. Buzzer hanya menyebarkan informasi-informasi tersebut seluas-luasnya tanpa bertanggungjawab untuk mengajak followers untuk mengikuti yang ia sarankan atau membeli produk yang ia infrormasikan.

Influencer

(Pic. from Miami Marketing Company)

Seorang influencer, berbeda dengan buzzer, ia harus memiliki kemampuan untuk membujuk, megajak dan membuat orang menyetujui sarannya. Ia tidak harus seorang ahli marketing atau memiliki ilmu yang tinggi di bidang komunikasi dan pemasaran. Influencer juga tidak harus memiliki followers sebanyak buzzer, tetapi ia mendapatkan lebih banyak engagementKeahlian yang harus ia miliki adalah memengaruhi sebanyak mungkin orang untuk membeli suatu produk atau jasa yang ia informasikan. Influencer menciptakan berbagai macam interaksi menarik dengan banyak orang dan menggiring opini mereka untuk menyetujui sarannya.

Endorser

(Pic. from theendorser.net)

Bagi para pemilik bisnis, mencari endorser untuk membuat produk/jasa mereka laku adalah hal yang biasa dilakukan. Pebisnis memberikan produk/jasanya kepada endorser yang akan memberi review.  Misal, Anda berjualan gelang atau anting handmade. Kemudian Anda meminta orang-orang yang gemar memakai dan mengoleksi aksesoris untuk memberi kesan dan pesan untuk produk Anda. Atau, Anda meminta food blogger untuk me-review masakan dan makanan kecil yang Anda jual.

Jadi, mana yang paling Anda butuhkan saat ini untuk bisnis Anda? Atau, Anda justru tertarik untuk menjadi salah satunya?

 

Blog Esoftdream
Esoftdream
Telp : (0274) 452155
No Tlp/Hp : +62 81226272827
Email : cro2@esoftdream.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *