Bisnis Online? Mulai Saja. Ini Dia Strategi Promosinya!

Apapun jenis produk yang Anda pasarkan, marketing atau promosi memiliki peran penting. Fungsi promosi antara lain adalah untuk menjalin komunikasi dengan calon pembeli serta memberi informasi tentang produk yang ditawarkan kepada pelanggan/konsumen, entah itu berubah barang maupun jasa. Promosi juga membantu Anda untuk mengetahui kebutuhan serta keinginan konsumen/pelanggan guna meningkatkan kualitas produk.

Mungkin setiap pengusaha mengimplementasikannya secara berbeda, namun tujuan promosi tetaplah sama, yaitu menginformasikan kepada pelanggan/konsumen tentang suatu produk/jasa dan memperkenalkan produk/jasa tersebut secara luas. Kemudian setelah itu, tugas promosi tidak berhenti di sana, tetapi juga mengajak konsumen untuk membeli produk/jasa tersebut dengan cara yang menarik. Anda sedang memulai bisnis online? Ini dia strategi promosinya:

(Pic. from Drop Ship Businesses for sale)

Gunakan foto produk yang sesungguhnya

Jika Anda berjualan online, maka, tak satupun konsumen yang melihat secara langsung produk/jasa yang Anda tawarkan. Ini tidak lantas berarti Anda bisa memberi foto-foto produk yang sebenarnya jauh dari kenyataan. Ini bisa membuat konsumen kecewa dan tidak ingin melakukan repeat order. Meskipun dunia fotografi semakin berkembang dan banyak aplikasi photo editor yang bisa Anda unggah secara gratis dengan berbagai fitur menarik. Pastikan foto yang Anda berikan adalah foto produk yang sesungguhnya. Cantumkan pula harga yang sesuai serta kualitas yang layak. Jangan lupa untuk sesekali memberikan harga promo untuk menarik perhatian calon pembeli.

Akrabi Facebook sebagai salah satu alat promosi

Saat ini, pengguna Facebook lebih dari 100 juta orang di Indonesia saja dan mereka adalah pengguna yang aktif. Bisa Anda bayangkan kesempatan besar yang bisa Anda gunakan di sana. Tawarkan produk/jasa Anda di sana dengan memposting foto-foto yang menarik dengan konten yang tepat sesuai dengan target pasar Anda. Namun pastikan pula Anda menggunakan akun-akun media sosial lain yang juga popular untuk memperkenalkan produk/jasa Anda.

(Pic. from CreativeMinds)

Bergabunglah dengan marketplace

Ada begitu banyak marketplace popular dan tepercaya saat ini seiring dengan menjamurnya usaha online. Anda bisa memilih marketplace yang pas dengan kebutuhan Anda untuk membangun trust dari konsumen/calon pelanggan. Marketplace bisa menjadi marketing tools yang efektif untuk memasarkan produk/jasa Anda karena produk/jasa Anda akan otomatis muncul ketika pengguna mencari item dengan deskirpsi yang sesuai. Selain itu pembeli akan merasa aman karena marketplace yang popular tidak akan melakukan penipuan demi mengambil keuntungan.

Memanfaatkan situs-situs penyedia iklan

Untuk yang ini Anda mungkin memerlukan tenaga ahli. Tetapi tidak menutup kemungkinan, Anda pun bisa mempelajarinya sendiri. Akun-akun media sosial popular menawarkan tempat untuk mengiklankan produk/jasa Anda seperti Instagram Ads, Facebook Ads, Google Adwords, atau Twitter Ads. Dengan iklan berbayar, Anda akan terbantu untuk memperkenalkan produk/jasa Anda pada lebih banyak orang di seluruh dunia. Anda bahkan bisa memilih target Anda sendiri. Jadi, pastikan terlebih dahulu siapa target pasar dari Produk Anda.

(Pic. from The Storage Group)

Pelajari SEO dan gunakan secara optimal

SEO atau Search Engine Optimization adalah suatu proses yang dilakukan untuk meningkatkan tingkat visibility pada mesin pencari Google. Ini akan semakin efektif jika Anda memiliki website dan blog sendiri. Dengan SEO, baik itu berubah plug-in pada web Anda atau artikel rutin pada blog Anda, web Anda bisa berada pada posisi paling atas. Ada begitu banyak artikel yang membahas tentang SEO secara detail. Anda bisa mencari banyak referensi untuk semakin memahaminya. Atau, jika memungkinkan, carilah tenaga ahli di bidang SEO.

Aktif lah di media sosial

Selain mengakrabi Facebook, seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, Anda perlu aktif pula di akun-akun medsos lainnya. Ada 3 akun medsos popular yang efektif untuk menawarkan produk/jasa Anda selain website dan blog yang mungkin sudah Anda miliki. Usahakan untuk aktif juga di Instagram, Twitter dan Fanpage yang disediakan oleh Facebook. Rutinlah mengunggah gambar-gambar produk Anda. Tidak hanya itu, pastikan Anda melengkapinya dengan informasi dan gaya bahasa yang menarik.

 

Blog Esoftdream
Esoftdream
Telp : (0274) 452155
No Tlp/Hp : +62 81226272827
Email : cro2@esoftdream.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *