BARU DARI WHATSAPP! Bikin Kita Tak Lagi Mudah Tertipu Hoaks

Hampir setiap orang kini memiliki Smartphone dalam berbagai ukuran, seri, dan merek. Dengan Smartphone murah kita sudah mendapatkan berbagai fitur menarik yang kita butuhkan untuk berselancar di dunia maya dan bersenang-senang di dunia online. Bahkan tersedia aplikasi chat tersedia begitu banyak macamnya dan WhatsApp adalah salah satunya. WhatsApp, aplikasi untuk chat menjadi salah satu aplikasi yang mengantarkan pesan dengan cepat. Sayangnya, kemudian banyak yang belum paham bahwa setiap berita yang sampai belum tentu kebenarannya.

 

Ada yang baru dari WhatsApp supaya kita menjadi user yang smart, tak mudah tertipu hoaks

WhatsApp, penyedia layanan instant message yang terbesar di dunia ini kabarnya memberi tanda khusus untuk pesan yang diteruskan atau forwarded dari orang lain. Jadi, kita akan langsung tahu apakah pesan tersebut asli dari si pengirim atau merupakan pesan yang diteruskan dari orang lain. Sudahkah Anda menerima pesan dengan label forwarded? Kabarnya minggu lalu WhatsApp telah meluncurkan fitur tersebut.

 

Mengapa fitur ini diluncurkan? Menurut pernyataan dari TechCrunch, fitur ini untuk mengurangi tersebarnya spam serta hoaks. Kadang suatu pesan terlepas isinya benar atau salah, memang ditujukan untuk suatu rencana yang sudah dipikirkan oleh pengirim pertama. Kemudian, mereka yang tanpa memfilternya dengan suka rela menyebarnya, membuat isi pesan tersebut terlihat sangat meyakinkan untuk dipercaya. Akibatnya, rencana dari pengirim pertama berhasil. Padahal mungkin, yang ingin disebarkan bukanlah isi pesannya, melainkan hanya untuk mengalihkan perhatian dari kejadian atau event tertentu.

 

Label forwarded yang ada di sebelah kiri atas pesan berantai memberi tahu user bahwa pesan tersebut bukan pesan langsung dari si pengirim. Ini membuat kita bisa menjadi lebih berhati-hati dalam merespons. Jadi, kita tidak akan serta merta menyebarkan pesan tersebut tanpa membaca dan menelisiknya terlebih dahulu.

 

Selain fitur label forwarded ini, ternyata WhatsApp juga memberi cara yang mudah untuk melaporkan bahwa pesan tersebut spam. Kita tinggal meng-klik profil dari pengirim pesan, kemudian scroll saja ke bawah, dan Anda akan menemukan tombol Block dan Report spam. Dari dua opsi tersebut, tinggal pilih mana yang ingin Anda lakukan ketika mendapati pesan Anda terima ternyata mengganggu.

Be smart and wise saat menerima pesan dari siapapun

Jadi mulai sekarang, sebaiknya kita lihat dulu apakah suatu pesan terdapat label forwarded atau tidak sebelum memercayai dan meneruskan pesan tersebut. Ada baiknya kita benar-benar membaca terlebih dahulu isi dari pesan yang kita terima untuk menghindari kecemasan aau rasa takut yang bisa saja tersulut karenanya. Bukankah aplikasi pesan seperti WhatsApp kita gunakan untuk menyampaikan pesan dan bukannya mengundang keresahan? Let’s get smarter, guys! 

 

Esoftdream Blog

 

Esoftdream

No Tlp/Hp : +62 81226272827
Email : cro2@esoftdream.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *