Apa Itu Bisnis Network Marketing dan Bagaimana Cara Memilih Produk yang Aman?

Apa Itu Bisnis Network Marketing dan Bagaimana Cara Memilih Produk yang Aman?

Ketika Anda mendengar tentang bisnis MLM atau yang sekarang dikenal dengan bisnis network marketing, kemungkinan besar reaksi Anda adalah langsung sinis. Banyak pula yang ingin mengakhiri pembicaraan karena bisnis ini dianggap terlalu banyak memberi janji.

Tetapi faktanya, bisnis network marketing saat ini justru berkembang pesat di Indonesia. Majunya teknologi digital membuat bisnis ini makin mudah dijalankan dan karena itulah, menjadi pilihan banyak orang.

Sejak populer di Indonesia mulai tahun 2000, bisnis network marketing terus menjadi salah satu alternatif usaha sampingan yang paling diminati. Sekarang semakin banyak jenis produk yang ditawarkan melalui bisnis jejaring dan laku di pasaran.

Mulai dari fashion, obat, kosmetik dan makanan kini dijual oleh perusahaan-perusahaan network marketing. Lalu apa sebenarnya bisnis MLM atau bisnis network marketing ini? Seperti apa perkembangannya di Indonesia? Mari kita simak bersama.

Apa Itu Bisnis Network Marketing dan Bagaimana Cara Memilih Produk yang Aman?

(Pic. from btt-tech.com)

Apa itu bisnis network marketing?

Jenis bisnis ini adalah jenis bisnis yang banyak memberi keuntungan. Penjual tidak hanya mendapatkan untung dari hasil penjulalan, tetapi juga dari hasil penjualan member lain yang ia rekrut. Keutungan itu asih ditambah lagi dengan bonus yang didapat dari setiap penjualan produk dalam jumlah tertentu.

Orang-orang terdekat seperti teman-teman dan saudara, biasanya menjadi target pemasaran mereka yang menjalankan bisnis network marketing ini. Untuk bisnis network marketing, pemasaran melalui mulut ke mulut masih dipandang efektif, apalagi ditambah dengan kesaksian beruba manfaat dari produk yang dijual.

Di dalam bisnis network marketing, Anda akan sering mendengar istilah upline dan downline. Anda menjadi upline jika berhasil merekrut member dan menjadikan mereka downline. Semakin banyak member atau downline yang Anda dapatkan, maka semakin banyak pula pendapatan serta bonus yang Anda peroleh.

Penting bagi Anda untuk melakukan observasi sebelum memutuskan bergabung dengan suatu perusahaan network marketing. Ini untuk mengantisipasi sistem kerja yang nantinya bisa jadi akan merugikan atau mengeksploitasi Anda.

Artikel Terkait :  5 Strategi Pemasaran Bisnis Network Marketing yang Harus Dicoba

Tips memilih perusahaan network marketing

1. Pilih perusahaan network marketing yang terdaftar APLI

Perusahaan network marketing wajib menjadi anggota APLI atau Asosiasi Penjual Langsung Indonesia. APLI adalah wadah untuk semua perusahaan network marketing sekaligus menjadi aturan hukum bagi bisnis yang dijalankan. Tanpa APLI, perusahaan-perusahaan tersebut tidak memiliki kode etik dalam menjalankan bisnisnya.

Keberadaan APLI juga meminimalisasi penipuan yang mengatasnamakan bisnis network marketing. Perusahaan dengan sistem jejaring yang akan mendaftar jadi anggota harus memenuhi persyaratan. Dengan begini tidak sembarang perusahaan bisa

Hal ini juga bertujuan untuk mengurangi penipuan dalam mlm. Perusahaan yang akan mendaftar di APLI, harus memenuhi beberapa persyaratan. Jadi untiuk bisa terdaftar di APLI tidaklah mudah. Perusahaan yang terdaftar di APLI sudah dipasikan keamanannya.

2. Pilih perusahaan network marketing yang memiliki beragam produk

Dengan produk yang beragam, maka Anda bisa lebih luwes menawarkan kepada calon member. Lebih bagus lagi jika produk tersebut merupakan barang kebutuhan sehari-hari. Jadi kemungkinan lakunya pun besar. Pilih produk-produk fashion, kecantikan atau kesehatan yang sudah pasti dibutuhkan oleh banyak orang.

Perlu pula Anda jelaskan keuntungan serta manfaat dari produk-produk yang Anda tawarkan. Namun sebelumnya, Anda pun perlu mengobservasi kualitas dari produk-produk tersebut, supaya Anda tidak dianggap menipu alias hanya menjual janji. Setelah Anda yakin produknya berkualitas, baru putuskan bergabung dengan perusahaan tersebut.

3. Pilih perusahaan network marketing yang berbadan hukum

Jika badan hukumnya jelas, maka konsumen atau member akan merasa aman dan nyaman. Misalnya, perusahaan network marketing yang Anda pilih adalah Perseroan Terbatas. Maka pastikan perusahaan tersebut sudah memiliki SIUPL seperti yang sudah kita bahas sebelumnya serta NPWP.

Artikel Terkait :  Software MLM Sahabat para Pelaku Bisnis Network Marketing

Hal ini perlu Anda perhatikan apalagi jika usaha yang mereka jalankan memiliki skala yang besar. Jangan sampai Anda buru-buru memutuskan bergabung dengan suatu perusahaan tanpa terlebih dahulu mengecek keabsahan badan hukumnya.

4. Pastikan upline dan downline selalu saling membantu

Dengan saling membantu, maka pekerjaan akan lebih mudah diselesaikan. Ini lah perlunya bagi Anda untuk mengamati terlebih dahulu perusahaan network marketing sebelum bergabung. Pastikan upline memiliki komitmen untuk mengajarkan ilmu suksesnya kepada para downline.

Beberapa perusahaan network marketing membiarkan para downline-nya sehingga ketika mereka menemui jalan buntu, mereka tidak mendapatkan bimbingan dan pada akhirnya, memilih putus di tengah jalan. Para downline baru perlu mendapat bimbingan secara intensif agar terus mendapatkan motivasi dan terbaharui semangatnya.

5. Pilih perusahaan network marketing yang distributornya memiliki sistem yang bagus

Alur pengiriman barang dari dari distributor ke para member haruslah  lancar. Ini memengaruhi kredibilitas perusahaan. Jika pengiriman barang lancar, maka alur bisnis pun lancar dan pendapatan bisa mengalir secara optimal. Jadi, pastikan Anda memilih perusahaan network marketing dengan distributor yang bisa diandalkan.

6. Pilih perusahaan network marketing yang berlaku adil kepada semua member

Bisnis jejaring mudah mendapat keuntungan karena ketika downline menjual produk, maka upline pun juga mendapat keuntungan. Maka, dari itu, pastikan Anda memilih perusahaan network marketing yang berlalu adil kepada setiap membernya. Jika syarat dan sistemnya memberatkan, sebaiknya Anda berpikir ulang.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah sistem yang ditawarkan. Anda perlu memperhatikan apakah perusahaan network marketing tersebut menawarkan sistem yang adil untuk seluruh member. Jadi, baik upline dan downline sama-sama bekerja keras. Tidak hanya downline yang bekerja keras sementara upline hanya santai menunggu keuntungan.

7. Pilih produk dengan harga yang masuk akal

Artikel Terkait :  15 Tips Menulis Artikel SEO yang User Friendly (3)

Ini satu hal penenti apakah produk network marketing Anda akan mudah lalu di pasaran. Harga produk yang masuk akal memudahkan Anda memasarkannya. Produk dengan harga menarik bisa menjangkau orang dari berbagai golongan, tidak hanya kalangan atas.

Pilih perusahaan network marketing dengan sistem pemasaran yang baik. Jangan sampai hanya karena iming-iming keuntungan dan bonus melimpah, Anda bergabung dengan perusahaan yang bahkan tidak mengharuskan Anda bekerja atau mencari downline. Kemungkinan besar, bisnis itu penipuan.

Nah, setelah membaca pemaran di atas, Anda bisa mulai melakukan observasi terhadap perusahaan-perusahaan network marketing sebelum memutuskan bergabung. Sekali lagi, sebaiknya tidak terburu-buru memutuskan bergabung karena keuntungan serta bonus yang besar.

Keuntungan dan bosnus yang besar memang menjadi penyemangat untuk Anda bekerja, tetapi pastikan sistem yang ditawarkan pun masuk akal dan tidak merugikan Anda.

Bagi Anda yang memutuskan menjadikan bisnis network marketing sebagai bisnis sampingan, pandai-pandailah mengatur waktu dan melihat kesempatan. Anda bisa menawarkan produk network marketing Anda kepada teman-teman dekat juga saudara. Jangan lupa menceritakan testimoni yang menginspirasi orang lain sehingga ingin bergabung.

Hal terakhir yang tidak kalah pentingnya jika Anda memutuskan menjalankan bisnis network marketing, Anda membutuhkan website dengan sistem yang bisa diandalkan. Dengan begitu, Anda lebih mudah menawarkan produk-produk Anda.

Isi website Anda dengan konten yang menarik serta informatif. Tampilkan manfaat serta keuntungan dari membeli produk Anda, juga apa saja bosnus yang orang dapatkan jika menjadi member. Konten semacma itu membantu Anda mendapatkan calon member dengan lebih cepat.

Website membantu Anda tetap berjualan 24 jam sehari saat Anda mungkin tidur atau jalan-jalan. Bagaimana, sudah punya pandangan perusahaan network marketing mana yang akan Anda pilih? Selamat berjuang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *