8 Langkah Membangun Usaha Sendiri Sambil Tetap Kerja Penuh Waktu (2)

Salam berkarya! Apa kabar pekerjaan Anda? Pada artikel yang berjudul sama seri 1, telah kita bahas 4 langkah membangung usaha sendiri sambil tetap kerja penuh waktu. Dalam artikel ini, kita akan membahas 4 langkah yang berikutnya. Pastikan Anda juga membaca artikel sebelumnya dan semoga menginspirasi usaha Anda untuk melakukan side hustle. 

(Pic. from Kristin Larsen – Believe In A Budget)

Optimalkan outsourcing

Anda bisa mencari outsourcer untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas Anda. Dengan cara ini, Anda bisa lebih fokus pada hal-hal yang memang Anda sukai. Melalui perusahaan outsourcing, Anda bisa mendapatkan outsourcer yang Anda butuhkan. Tetapi, jika budget belum memadai, carilah outsourcer individual. Selain jadi punya lebih banyak waktu, dengan membayar freelancer, Anda mampu menutupi kekurangan atau kelemahan Anda di bagian pekerjaan yang Anda outsource-kan.

Pilih bekerja secara remote

Bila memungkinkan, bekerjalah secara remote atau jarak jauh. Namun, Anda perlu menunjukkan kinerja bagus kepada atasan. Dengan begitu Anda akan tetap dipercaya meski tidak bekerja di kantor. Pastikan Anda juga menjalin komunikasi yang baik dengan atasan untuk menunjukkan bahwa Anda tetap bisa diandalkan. Kerja remote memungkinkan Anda untuk punya lebih banyak waktu mengurusi usaha sampingan.

(Pic. from BriskHR)

Awali dengan hal kecil

Bekerja all out itu tentu bagus. Tetapi Anda perlu mempertimbangkan untuk mengawali usaha sampingan dari hal kecil. Ide yang Anda rasa hebat pun perlu Anda observasi apakah akan diterima dengan baik oleh pasar. Cobalah dari sesuatu yang Anda sukai. Misalnya, jika Anda suka memasak, mulailah menawarkan masakan Anda pada teman-teman secara online (lewat akun-akun media massa yang Anda punya) maupun offline. Tidak perlu langsung merencanakan lanching besar-besaran, lalu merancang strategi marketing jangka panjang. Awali saja dari hal kecil, agar jika ternyata ide Anda tidak berjalan dengan baik, Anda tidak akan kehilangan banyak waktu, energi dan biaya. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebelum melakukan langkah besar. Miliki website Anda sendiri, lakukan crowdfunding campaign, dan menjadi host webinar (Seminar tanpa bertatap muka). Untuk mengetahui lebih jauh tenang webinar, Anda bisa klik di sini.

Apa itu crowdfunding campaign? Menurut Internet of ThingsCrowdfunding adalah proses mengumpulkan dana untuk memulai suatu project atau bisnis, yang sumber dananya berasal dari sejumlah besar orang (Crowd), pengumpulannya memiliki batas waktu tertentu, misalnya 30 – 60 hari, dan prosesnya dilakukan melalui online platform. Melalui cara ini, informasikan bisnis apa yang akan Anda buat dan produk apa yang akan Anda tawarkan. Cara seperti ini bisa dikatakan sebagai pre-order. Orang membayar untuk seuatu yang nanti akan mereka dapatkan. Anda bisa menawarkan sistem paket supaya lebih menarik.

(Pic. from Corporate Finance Institute)

Membuat tujuan yang spesifik

Tanpa tujuan, apapun tidak akan memiliki arah. Tanpa arah yang jelas, tentu apapun yang kita usahakan menjadi sia-sia. Menetapkan tujuan bisa mempermudah Anda untuk membuat rencana , termasuk rencana bisnis. Ambillah waktu untuk benar-benar memikirkan apa tujuan Anda melakukan usaha sampingan atau membuka bisnis sampingan. Tentukan pula cara mencapai tujuan tersebut seperti membuat business plan yang sesungguhnya. Buatlah dengan menggunakan kaidah SMART (Specific, Measurable, Relevant dan Timely). Artinya, tujuan Anda haruslah spesifik, bisa diukur, relevan dan bisa Anda tentukan batas waktu pencapaiannya.

Jika Anda sudah merasa siap melakukan usaha sampingan, mulailah pelan-pelan saja. Satu hal yang perlu Anda lakukan selalu adalah konsistem. Banyak yang gagal karena melangkah terlalu cepat dan tidak mampu konsisten.   Dengan mengawali dari hal kecil, bila konsisten, maka hasilnya tidak akan mengkhianati usaha. Selamat berjuang!

 

Blog Esoftdream
Esoftdream
Telp : (0274) 452155
No Tlp/Hp : +62 81226272827
Email : cro2@esoftdream.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *