8 Langkah Membangun Usaha Sendiri Sambil Tetap Kerja Penuh Waktu (1)

Kerja penuh waktu dan membangun usaha sendiri, kenapa tidak? Mendapatkan sumber penghasilan lebih dari satu tentu menyenangkan, bukan? Tetapi, mungkin yang ada dalam pikiran Anda adalah, kerja kantoran saja sudah sangat menguras waktu dan energi. Bagaimana mau membangun usaha sendiri? Anda yang bekerja penuh waktu mungkin sudah merasa tak punya waktu buat diri sendiri dan orang-orang yang Anda sayangi. Sekalipun ada, itu hanya pas akhir pekan. Pendapat Anda akan berubah setelah membaca saran dari Neil Patel, sang pakar pemasaran. Apa saja sarannya? Mari kita simak 4 yang pertama. 4 Saran berikutnya akan kita bahas pada artikel yang selanjutnya. Pastikan Anda terus mengupdate Blog Esoftdream untuk mendapatkan artikel-artikel seputar bisnis terbaru.

(Pic. from Entrepreneur)

Pastikan Anda bebas dari kontrak yang sangat mengikat

Ketika Anda bekerja di suatu perusahaan, tentu Anda terikat dengan suatu kontrak dalam jangka waktu tertentu. Ada perusahaan yang memang membebaskan karyawannya untuk memiliki pekerjaan sampingan. Namun, ada juga yang melarangnya. Apalagi, jika pekerjaan sampingan tersebut jenisnya sama dengan yang dijalankan oleh perusahaan tempat Anda bekerja. Jadi, sebelum memulai usaha sampingan Anda, pastikan Anda tidak terikat kontrak semacam ini. Jangan sampai Anda justru melanggarnya. Akibatnya akan buruk bagi reputasi Anda. Ada baiknya pula Anda membicarakan rencana Anda dengan atasan. Siapa tahu bos Anda justru bisa memberi masukan yang bermanfaat.

(Pic. from Life Optimizer)

Kenali waktu luang Anda

Sudah tak ada waktu lagi. Kalimat itu yang sering menjadi alasan ketika ada saran untuk memulai usaha sampingan. Cobalah untuk mengenali lagi waktu Anda. Identifikasi waktu luang Anda. Dengan demikian Anda tahu, seberapa sibuk sesungguhnya Anda setiap harinya. Hasil dari survei Nielson yang dilansir oleh New York Times menyatakan bahwa orang dewasa menghabiskan sekitar 5 jam perhari untuk menonton TV. Bahkan didapati bahwa 60% lebih karyawan menikmati video online saat jam kerja.  Tidakkah menurut Anda, waktu yang dipakai untuk menonton video online itu bisa digunakan untuk sesuatu yang lebih produktif? Bukan berarti Anda sama sekali tidak boleh bermain games atau menonton film favorit. Anda hanya perlu membatasinya. Jika waktu untuk game selama ini 5 jam, ubahlah menjadi 1 atau 2 jam saja. Kebiasaan menghabiskan banyak waktu di tempat kerja untuk sesuatu yang kurang produktif bisa terjadi karena beberapa alasan. Mungkin Anda kurang tidur, stres, atau karena kurang puas dengan gaji bulanan sehingga Anda menghabiskan banyak waktu untuk mencari hiburan. Kenali waktu luang Anda dan gunakan secara optimal untuk mengurusi usaha sampingan.

(Pic. from BeLimitless)

Fokus saat bekerja

Bisa jadi Anda sudah memulai usaha sampingan. Diwaktu istirahat, Anda mengerjakan pekerjaan sampingan. Tapi kemudian, Anda kehilangan fokus dan akhirnya hasilnya tidak optimal. Apakah ini yang sedang Anda hadapi? Latihlah diri Anda untuk melakukan deep work, yaitu hanya fokus pada 1 hal sampai selesai. Cobalah tidak melakukan shallow work, seperti koordinasi sambil membalas email, atau rapat sambil membuat strategi. Contoh deep work adalah menulis 1 artikel sampai selesai. Atau, membuat rencana kerja selama seminggu tanpa gangguan. Deep work ini akan memberi hasil yang nyata. Bila perlu, kondisikan tempat dan suasana kerja Anda supaya mendukung.

(Pic. from Stacy Moutafis)

Istirahat dan tidur yang cukup

Bagi pengusaha atau entrepeneur, begadang setiap hari dianggap hal yang biasa. Padahal jika kita kurang tidur, entah Anda pengusaha atau karyawan, tetap membuat tubuh rentan penyakit. Tubuh yang tidak fit akan menurunkan kinerja serta performa kerja Anda. Bekerja dalam keadaan lelah tentu tidak nyaman dan menghambat ide-ide kreatif untuk datang. Sekalipun ada ide dan kesempatan di depan mata, Anda mungkin tidak akan menyadarinya karena terlalu lelah. Pastikan Anda tetap tidur minimal 5 jam setiap hari dan konsumsi makanan sehat agar tubuh lebih berenergi sehingga mampu bekerja secara lebih efisien.

 

Blog Esoftdream
Esoftdream
Telp : (0274) 452155
No Tlp/Hp : +62 81226272827
Email : cro2@esoftdream.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *