strategi marketing

5 Strategi Marketing di Era Digital Terbukti Meningkatkan Pelanggan

Strategi marketing merupakan cara-cara yang dilakukan untuk melakukan penjualan demi mendapatkan pelanggan dan keuntungan maksimal. Saat ini strategi marketing dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengeluarkan biaya dan tenaga berlebih. Pasalnya strategi marketing atau strategi pemasaran ini dapat dilakukan secara online. Kemajuan di era digital membuat hampir semua aspek kehidupan berbasis digital. Pemasaran secara tradisional dilakukan oleh seorang sales door to door,  strategi ini sangat menghabiskan biaya dan tenaga. Namun ini tidak terjadi di era digital. Kini strategi pemasaran di era digital dilakukan dengan banyak cara tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. Beberapa strategi pemasaran di era digital diantaranya :

strategi marketing

(Pic. from Dotugo)

  1. Email Marketing

Saat ini pemasaran sebuah produk maupun layanan jasa bisa dilakukan melalui email. Inilah yang biasanya disebut email marketing. Keuntungan dari penggunaan email marketing dalam pemasaran adalah kemudahan dan kecepatan dalam mempromosikan produk. Namun tentu saja terdapat strategi yang digunakan agar dapat menarik pelanggan.

Dalam melakukan pemasaran melalui strategi email marketing, pemasar harus mengetahui produk yang dijual, seperti spesifikasi, serta manfaatnya. Pemasar juga harus menggunakan gaya bahasa yang sopan dan memikat agar calon konsumen tertarik dan mau menggunakan produk yang ditawarkan.

  1. Video Marketing

Setelah email marketing, pemasaran secara digital juga bisa dilakukan melalui video marketing. Saat ini video marketing telah menarik perhatian banyak perusahaan untuk dijadikan sebagai media pemasaran produknya. Tentu saja, untuk mendapatkan calon konsumen dengan video marketing harus menggunakan kualitas video yang sesuai agar tepat sasaran.

Oleh karena itu video marketing harus dibuat semenarik mungkin. Usahakan untuk tetap fokus pada nilai dan pesan yang ingin disampaikan. Selain itu, buat konten dengan konsep menonjolkan produk yang akan dijual. Kemudian yang terpenting dalam membuat video marketing yaitu buat 5 detik di awal video yang mengesankan. Sehingga mudah diingat orang.

  1. Marketplace
Artikel Terkait :  15 Tips Menulis Artikel SEO yang User Friendly (1)

Strategi marketing di era digital selanjutnya melalui marketplace. Sebenarnya marketplace dapat kita baratkan seperti pasar tradisional. Hanya saja jika pasar tradisional antara penjual dan pembeli bertatap muka langsung. Namun pada marketplace interaksi dilakukan dengan smartphone.

Perusahaan yang memasarkan produk mereka melalui marketplace bisa mendapatkan banyak keuntungan, diantaranya menekan biaya pemasaran. Sebab perusahaan hanya membutuhkan koneksi internet untuk mengunggah produk-produk yang akan dijual. Disamping itu, pada marketplace juga tersedia katalog produk ataupun jasa untuk ditawarkan. Sehingga calon pembei dapat lebih leluasa mengenal produk yang perusahaan tawarkan.

  1. Social Media

Social media selain sebagai media untuk mencari hiburan dan kesenangan, juga bisa dimanfaatkan sebagai media pemasaran. Pasalnya hampir semua penduduk Indonesia memiliki akun social media. Ini merupakan salah satu cara yang dapat dijadikan peluang untuk mencari pelanggan.

Banyak perusahaan yang memasarkan produknya melalui akun social media seperti facebook dan instagram. Strategi pemasaran ini terbukti efektif. Hal ini diperkuat dari data yang menyatakan tren belanja online di Indonesia yang smeakin meningkat. Kunci sukses dalam pemasaran produk melalui social media adalah buat konten dan caption yang menarik dan upload produk secara rutin. Dijamin kesempatan mendapatkan pelanggan terbuka lebar.

  1. Miliki Website

Mempunyai sebuah website sebagai toko online Anda sangat efektif untuk meningkatkan pelangan. Pasalnya jika perusahaan memiliki website, maka pelanggan akan lebih percaya dan terkesan lebih professional. Tak hanya itu, dengan website maka akan memudahkan calon pelanggan mengenal dan memilik produk yang ditawarkan.

Namun perlu diperhatikan pula website seperti apa yang sebaiknya dimiliki. Tentu saja website sebagai toko online harus memiliki informasi yang lengkap. Baik untuk spesifikasi produk, harga dan berbagai review yang berkaitan dengan produk yang ditawarkan.  Disamping itu juga website harus selalu diperbarui. Mengupload artikel dalam website secara rutin juga merupakan salah satu cara agar website selalu up to date.

Itulah 5 strategi marketing di era digital yang dapat dicoba untuk memasarkan produk Anda. Dari semua strategi tersebut keuntungan menggunakan strategi marketing online  adalah menghemat biaya. Pasalnya dalam pemasaran secara digital yang diperlukan adalah koneksi internet. Strategi pemasaran dengan berbagai keuntungan ini bisa Anda dapatkan dengan bantuan software yang kami tawarkan. Tentukan software sesuai kebutuhan Anda melalui email kami cro2@esoftdream.net.

Artikel Terkait :  Bisnis Online? Mulai Saja. Ini Dia Strategi Promosinya!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *