11 Tips Sukses Bisnis Network Marketing

11 Tips Sukses Bisnis Network Marketing

Bisnis Multi Level Marketing atau Network marketing adalah salah satu bisnis yang dapat menghasilkan keuntungan yang besar jika dilakukan dengan cara yang tepat. Namun banyak orang masih kurang memahami bagaimana tips agar bisnis network marketing yang sedang dijalani dapat sukses dan menguntungkan.

Berikut tips sukses bisnis network marketing yang bisa dicoba.

  1. Memilih Bisnis Network Marketing Dengan Cermat

Saat memutuskan untuk bergabung dengan bisnis Network Marketing, sebaiknya usahakan untuk mempelajari dahulu perusahaan yang akan diikuti. Perusahaan yang patut dicurigai misalnya perusahaan dengan skema piramida. Bisa juga perusahaan tersebut menjual produk dengan harga yang lebih mahal dari harga pasaran.

Biasanya perusahaan network marketing yang memang terpercaya hanya mematok biaya pendaftaran puluhan atau ratusan ribu saja. Jika lebih dari itu maka sebaiknya jangan diikuti dan mencari alternatif perusahaan network marketing yang lain.

  1. Menjual Produk Yang Disukai

Menjual produk yang disukai juga merupakan tips sukses bisnis multi level marketing yang perlu diperhatikan. Karena dengan menyukai produk yang dijual, maka akan dengan cepat bisa menjelaskan produk tersebut pada pembeli maupun calon member. Dengan begitu orang akan cepat percaya dan dapat dengan mudah membeli atau tertarik menjadi anggota baru.

  1. Bebas Penipuan

Dalam memasarkan produk usahakan tidak melakukan cara yang menyimpang seperti melakukan penipuan baik kepada pembeli maupun calon member. Pastikan untuk selalu jujur dan tidak promosi secara berlebihan. Dengan begini pembeli tidak akan merasa tertipu atau bahkan bisa mau ikut menjadi member baru.

  1. Pastikan Perusahaan Telah Tergabung Dengan APLI

APLI atau Asosiasi Penjualan Langsung adalah sebuah asosiasi yang mewadahi penjualan baik multi level maupun single level. Semua perusahaan yang tergabung disini dapat dipastikan mempunyai SIUPL. SIUPL atau Surat Izin Untuk Penjualan Langsung inilah biasanya akan dicantumkan pada label produk yang dijual. Umumnya perusahaan seperti ini pasti telah terpercaya.

  1. Aktif Menghadiri Seminar Perusahaan
Artikel Terkait :  7 Langkah Sukses Menjalankan Bisnis Network Marketing Era Digital

Perusahaan network marketingtidak jarang mengadakan seminar yang bisa diikuti. Biasanya dalam seminar tersebut akan dijelaskan materi seputar produk atau serangkaian motivasi untuk perkembangan bisnis member. Usahakan untuk selalu ikut serta karena selain dapat lebih paham tentang produk, bisa juga menjadi bahan pembelajaran presentasi di depan umum dengan mencontoh narasumber yang diundang.

  1. Menentukan Target Pasar Yang Tepat

Menentukan target pasar secara tepat juga merupakan tips sukses bisnis multi level marketing yang penting. Ketika memilih target pasar secara tepat, maka akan mempermudah pemasaran produk. Misalnya produk kosmetik target pasar sebaiknya para wanita. Atau produk alat pancing target pasar harusnya para pria karena mereka lebih cenderung memiliki hobi memancing.

  1. Mengusahakan Untuk Berbagi Produk Setiap Hari

Hal ini bisa membuat produk akan semakin diketahui oleh masyarakat luas. Misalnya dengan mengenalkan produk melalui demo atau presentasi tentang keunggulan produk. Tidak harus banyak orang, karena bisa saja sedikit orang tersebut merasa suka, lalu dengan sendirinya akan berpromosi pada orang lain. Selain demo langsung bisa juga melalui media sosial atau website.

  1. Menjadi Mentor Untuk Para Member

Para member kadang juga tidak jarang berkonsultasi mengenahi produk. Bisa keluh kesah atau menanyakan seputar produk jualan. Usahakan untuk selalu merespon dan menjadi pendengar yang baik. Cari solusi yang tepat untuk masalahnya. Dengan begitu para member akan merasa dihargai, dan tetap percaya menjadi anggota aktif.

  1. Menguasai Teknik Online Marketing

Rata-rata para member bisnis network marketing masih kurang maksimal menggunakan media online untuk memasarkan produknya atau menjaring member baru. Usahakan untuk menguasai sistem online seperti chatting online (Whatsapp, line) maupun media sosial (FB, Twitter,Instagram). Bila perlu sebaiknya membuat website sendiri dengan tampilan yang menarik agar produk makin diminati banyak orang.

  1. Membangun Komunikasi Lanjutan Untuk Pembeli Dan Member
Artikel Terkait :  4 Bisnis Kekinian yang Laris dan Layak Anda Coba

Sebaiknya bangun komunikasi yang intens baik pada pembeli maupun para member. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan kunjungan atau sekedar mengirim pesan singkat. Dengan cara tersebut kemungkinan mereka akan merasa diperhatikan. Bisa jadi pembeli akan beralih memutuskan untuk menjadi member baru yang malah akan menguntungkan.

  1. Mulai Menggunakan Digital Marketing

Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan software network marketing seperti salah satunya ESOFTDREAM. Dengan software ini akan mempermudah semua hal yang berhubungan dengan bisnis network marketing. Seperti membantu membuat marketing plan yang tepat, website yang menarik, serta teknik membentuk jaringan yang inovatif.

Itulah 11 tips sukses bisnis multi level marketing yang bisa dicoba. Semoga dapat berguna bagi yang berminat ingin mencoba bisnis jaringan ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *