10 Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis Jejaring

10 Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis Jejaring

Digital marketing untuk bisnis jejaring? Mungkin ada beberapa dari Anda yang mengernyitkan kening dan berpikir, apa itu perlu? Mungkin Anda perlu mengetahui fakta bahwa sejak 2014 digital marketing atau pemasaran digital telah mulai menggeser iklan-iklan di televisi.

Terjadi peningkatan besar pada penggunaan strategi digital marketing dari banyak brand. Pemasaran konvensional tidak lagi menjadi pilihan utama bagi pebisnis kini. Jika Anda tidak lekas mengambil langkah untuk melakukan pemasaran secara digial, maka bersiaplah untuk jauh tertinggal.

Konsumen di era digital mencari informasi tentang produk/layanan melalui mesin pencari. Banyaknya akun sosial media juga turut mendukung konsumen untuk memilih mencari informasi secara online. Sayangnya, masih ada juga pebisnis yang belum menyadari hal ini dan mengambil langkah untuk menjalankan strategi digital marketing.

Mungkin Anda juga termasuk dari mereka yang menganggap digital marketing jtu rumit, ribet dan buang-buang waktu. Ini bisa jadi karena Anda belum banyak mengerti tentang manfaatnya. Apakah Anda termasuk orang yang tiap saat mengecek layar HP? Berarti sebenarnya digital marketing sudah dalam genggaman Anda.

Digital marketing tidak hanya untuk pebisnis yang menjalankan usaha tertentu saja, tetapi bisa diterapkan oleh pelaku bisnis apa saja, termasuk bisnis jejaring. Anda yang menjalankan bisnis jejaring sudah tidak perlu lagi pergi dari satu tempat ke tempat lain untuk bertemu calon member. Dengan digital marketing, semua dalam genggaman Anda.

Seperti kita semua tahu, bisnis jejaring atau Multi Level Marketing (MLM) adalah jenis bisnis yang banyak diragukan, tetapi juga banyak peminatnya. Bagaimana tidak? Bisnis ini menawarkan bonus menarik dan income yang menggiurkan.

Selain itu, bisnis jejaring juga tidak membutuhkan pendidikan khusus. Jadi, siapa saja bisa menjalankan asal ada kemauan serta komitmen kuat.

10 Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis Jejaring

(Pic. from openclinica.com)

Jadi apa saja manfaat digital marketing untuk bisnis jejaring?

Membantu pebisnis berinteraksi dengan konsumen secara online

Bisnis jejaring bisa hidup jika berhasil merekrut member baru dan menjual produk, karena dari sana lah bonus didapatkan. Tanpa menjual produk, jelas perusahaan tidak mendapatkan pemasukan untuk menggaji Anda. Melalui digital marketing, Anda tinggal menyediakan konten dan konsumen yang mendatangi Anda.

Artikel Terkait :  Kiat Berhasil dalam Bisnis Networking

Konten si sini tentu saja yang informatif dan menarik perhatian. Konsumen sudah tidak lagi mencari produk/layanan yang mereka butuhkan melalui iklan baris di koran-koran. Mereka senang mencarinya online. Selain nyaman, mencari informasi secara online jelas lebih mudah dan lebih cepat.

Pebisnis yang menjalankan bisnis jejaring bisa dengan mudah menjangkau konsumen tertarget dengan mudah melalui digital marketing melalui website dan blog. Mengapa website dan blog? Karena dua alat pemasaran tersebut sudah bukan algi opsi melainkan kebutuhan wajib bagi pebisnis.

Lengkapi website Anda dengan fitur live chat untuk memudahkan (calon) konsumen/member berinteraksi dengan. Fitur live chat tersebut akan 24 jam membantu Anda berinteraksi dan menjalin hubungan serta komunikasi dengan (calon) member Anda.

Menjangkau konsumen lebih banyak dan lebih luas

Dengan mengoptimalkan digital marketing, maka Anda akan mampu menjangkau konsumen tertarget lebih luas lagi. Pemasaran secara digital membuka jalan bagi pebisnis untuk lebih banyak mendapatkan keuntungan. Orang-orang yang mencari informasi dan menemukan website Anda atau akun-akun media sosial Anda.

Konten yang Anda sediakan mendukung proses konversi ini. Jadi, sebaiknya Anda menyediakan konten yang menarik dan informatif, agar pengunjung mendapatkan yang mereka butuhkan.

Pengunjung yang mendapatkan informasi dan merasa teryakinkan akan menghubungi Anda. Ini lah kesempatan Anda menjual keunggulan produk Anda lebih lagi dan momen yang tepat untuk mengajaknya menjadi member. Pastikan Anda melakukan dengan lembut tidak agresif dan justru membuat calon member tidak tertarik lagi.

Membantu menghemat biaya pemasaran

Bagi pengusaha kecil dan menengah, digital marketing justru sangat membantu mereka. Mereka bisa menawarkan produk dan memasarkan produk-produknya secara luas tanpa mengeluarkan biaya besar.

Artikel Terkait :  Multi Level Marketing dengan Cara Digital Marketing Bisakah?

Cara-cara beriklan yang konvensional kini sudah mulai ditinggalkan. Meski memasang baliho atau spanduk tetap bisa memberikan hasil, tetapi digital marketing mempercepat proses menawarkan dan memasarkan menjadi penghasilan.

Jadi, usaha kecil pun bisa menarik manfaat dari digital marketing karena selain bisa menjangkau konsumen baru, juga menghemat biaya untuk pemasaran, apalagi jika baru membuka usaha dengan modal yang terbatas.

Menyediakan layanan real time bagi pelanggan

Adanya layanan real-time memberi rasa kenyamanan dan kepuasan bagi pelanggan karena mereka akan merasa langsung dilayani. Respons yang cepat juga termasuk salah satu excellent service yang harus Anda berikan kepada (calon) konsumen.

Dengan memberikan pelayanan memuaskan secara online, baik itu dari website atau akun-akun media sosial, Anda juga memberi kesempatan untuk pemasaran dari mulut ke mulut terjadi.

Menghubungkan pebisnis dengan pengguna mobile phone (Smartphone)

Zamannya siapa saja menggunakan smatphone. Hampir semua orang setiap saat menatap layar ponsel. Inilah kesempatan bagi para pebisnis untuk menjangkau mereka. Lagi-lagi, kualitas konten tetap harus menjadi perhatian Anda.

Setelah memiliki website untuk menawarkan produk/layanan, pastikan Anda juga memberi kenyamanan kepada pengunjung dengan layanan mobile. Dengan cara ini, (calon) konsumen bisa mengakses website Anda kapan saja dan dimana saja.

Informasi yang tersedia di sana bisa dengan mudah diakses oleh siapa saja, dan dengan demikian, Anda membangun interaksi dengan konsumen yang potensial menjadi member. Ketika hubungan dengan konsumen sudah terjalin secara digital, maka Anda sudah tidak membutuhkan biaya untuk membayar iklan konvensional.

Anda tinggal memberi respons yang baik dari setiap interaksi sehingga hubungan baik tetap terjalin dengan baik. Dari hubungan baik tersebut akan terjalin trust. Dari trust atau rasa percaya tersebutlah terbuka jalan bagi Anda untuk menawarkan produk dan mengajak mereka menjadi member.

Menghasilkan penjualan lebih cepat

Berkembangnya teknologi berbanding lurus dengan perkembangan toko-toko online. Banyak orang mengambil kesempatan ini dan berlomba memposting konten menarik.

Artikel Terkait :  10 Tips Sukses Berbisnis Bagi Pemula (1)

Dibanding dengan pemasaran tradisional, tentu digital marketing melangkah lebih cepat menjangkau pasar dan targetnya. Dan ini tentu saja berpengaruh pada tingkat penjualan. Pemasaran digital lebih cepat memberi keuntungan, karena proses penjualan pun cepat, disertai dengan kemudahan dan kenyamanan.

Meningkatkan ROI

ROI (Return on Investment) atau laba bersih meningkat dengan menggunakan digital marketing. Tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk pemasaran konvesnional. Maka pendapatan jelas mengalami peningkatan.

Dibandingkan dengan pemasaran konvensional dimana Anda harus banyak mencetak brosur, mendirikan baliho dan membayar iklan baris, digital marketing jauh lebih menghemat biaya marketing.

Membuat posisi Anda tidak kalah langkah dengan pesaing

Pebisnis kini bersaing melakukan campaign melalui pemasaran digital. Jika Anda masih berpegang pada cara lama, maka bersiaplah untuk berada di peringkat paling belakang. Saat segalanya serba online, sebaiknya Anda tidak melawannya, tetapi mengikuti arusnya tanpa hanyut dan tetap melakukan inovasi serta perbaikan.

Perbaikan produk dan kemasan menjadi hal-hal yang selalu perlu Anda perhatikan. Pesaing aku terus melakukan langkah untuk menjadi yang terdepan. Maka sebaiknya Anda pun melakukan hal yang sama dengan menjadi lebih baik waktu demi waktu.

Memampukan Anda bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar

Dengan campaign yang gencar melalui media-media sosial serta mengoptimalkan website dan blog, maka Anda tidak hanya akan mampu bersaing dengan pengusaha-pengusaha sepantaran, tetapi juga dengan perusahaan-perusahaan besar.

Membuat Anda siap menyongsong era Internet of Things

Pada 2020 nanti menurut Gartner, akan ada yang disebut dengan era Internet of Things, dimana ada milyaran gadget, tablet, smartphone dan jam tangan yang terkoneksi membentuk suatu ekosistem yang global secara online. Jika tidak Anda mulai sekarang, kapan lagi?

Persaingan makin ketat, siapkan diri Anda untuk segala sesuatu yang berubah dan berjalan cepat diera digital ini.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *